Kamis, 30 Juli 2009

Pecahan Rp 2.000 Sudah Beredar


Masyarakat sudah bisa memperoleh uang kertas baru pecahan Rp 2.000 di Kantor Bank Indonesia (BI). Penukaran uang ke pecahan baru itu akan dilayani petugas BI dan tidak ada prosedur khusus. Demikian diungkapkan pimpinan BI Banjarmasin Bramudija Hadinoto di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, seperti dilansir ANTARA, Ahad (19/7).

Uang pecahan Rp 2.000 menampilkan gambar Pangeran Antasari, pahlawan nasional dari Kalsel. BI merencanakan pencetakan uang Rp 2.000 sejak tiga tahun lalu. Namun karena beberapa hal rencana itu baru bisa terlaksana tahun ini. Dengan diterbitkannya uang pecahan ini diharapkan dapat membuat masyarakat lebih mengenal Pangeran Antasari.


Sedangkan untuk gambar di sisi belakang, BI rencananya menampilkan gambar tari tradisional suku Dayak yang juga bisa disebut tari giring-giring. Warga Banjarmasin menyambut gembira diluncurkannya uang Rp 2.000. "Setelah berpuluh-puluh tahun akhirnya ada juga uang yang bergambar pahlawan dari Banjar," kata salah seorang warga.

Masyarakat akan lebih mudah berbelanja jika ada uang pecahan Rp 2.000. Selain itu pedagang kecil turut terbantu karena akan lebih mudah memberikan kembalian terhadap pembeli. Dengan diluncurkannya Rp 2.000 sedikit banyak akan membuat warga Kalsel semakin mencintai rupiah serta merasa lebih dihargai sebagai salah satu bagian NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar